// // //// //

Program Diploma Tiga

PROGRAM DIPLOMA TIGA

Sejak awal kepada mahasiswa Program Diploma 3 selalu ditekankan bahwa dalam dunia kerja, penguasaan kemampuan (skill) merupakan suatu keharusan. Kemampuan tersebut diasah melalui  mata  kuliah  yang dirancang dengan  sedikit teori tetapi banyak pembahasan yang mengarah ke penggunaan praktis. 

1. PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA (TE)

Konsentrasi

TE - TEKNIK INFORMATIKA

Mahasiswa dididik untuk mampu merancang, membangun serta merawat sistem jaringan komputer untuk skala LAN, WAN maupun Internetworking, juga terampil dalam membuat perangkat lunak aplikasi client dan web dengan menerapkan sistem database dari spesifikasi yang sudah didefinisikan sesuai kaidah rekayasa perangkat lunak. Perkuliahan yang diberikan terdiri dari teori, praktik di workshop dan laboratorium serta di industri.

Karir Setelah Lulus Kuliah :

Programer Analyst. System Support, Database Administrator, Network Specialist,  Game Developer, e-business Owner, IT Manager, Dosen Pengajar dan Praktisi yang Beriwirausaha dibidang IT (Technopreneurship).

 

TE - TEKNIK MULTIMEDIA BROADCASTING

Program ini dikonsentrasikan pada bidang Teknik Multimedia Broadcasting, yang bertujuan untuk mendidik para mahasiswa mempunyai kemampuan menginstalasi jaringan komputer yang berskala Intranet, WAN, dan Internet, juga mampu merancang bentuk-bentuk tampilan animasi film yang dapat diaplikasikan pada jaringan multimedia broadcasting.

Karir Setelah Lulus Kuliah :

Produser Eksekutif, Pengarah Acara/Sutradara, Kameramen, Team Kreatif dan Manajer Radio dan Televisi, Pengajar dan Praktisi yang berwirausaha dibidang Broadcasting (Technopreneurship).

 

TE - ELECTRONICA MEDICAL RECORD

Profesi rekam medis elektronik memiliki peran yang setara dengan tenaga kesehatan lain, seperti perawat atau bidan, petugas Rontgen, petugas Laboratorium dan sebagainya. Program Electronika Rekam Medis mengajarkan pada mahasiswa agar dapat membuat sebuah software aplikasi pada Lembaga Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang terintegrasi dan akurat melalui sistem pencatatan, pengolahan dan analisis data medis secara lengkap, akurat, tepat waktu dan terintegrasi dalam pengelolaan data pasien baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas, amnesia, penentuan fisik, laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan, medik yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun, gawat darurat.

Karir Setelah Lulus Kuliah :

Electronica Medical Record Director, Manajer EDP Rumah Sakit, Staff Ahli bidang Rekam Medis di Rumah Sakit (Klinik perawatan, Poliklinik, Praktek dokter, Pusat dan Departemen Kesehatan) serta Berwirausaha di bidang Electronika Medical Record (Technopreneurship).

 

2. TEKNIK SIPIL (TS)

Konsentrasi

TS - TEKNOLOGI TRANPORTASI

Program ini Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berjiwa kewirausahaan serta dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.transportasi. mahasiswa pada program ini  mendapatkan keilmuan dibidang  analisa transportasi barang, analisa lokasi produksi, jaringan transportasi dan akseptabilitas, transportasi penumpang regional, jaringan transportasi regional, masalah transportasi perkotaan; hubungan land use dan lalu lintas. Selain itu mahasiswa pada program ini dituntut untuk memahami pemodelan dalam teknik transportasi, tahapan perencanaan transportasi; trip generation; trip distribution; trip assignment; manajemen transportasi di perkotaan; sistem dan teknologi angkutan massal di perkotaan..

Karir Setelah Lulus Kuliah : Konsultan Sipil, Insinyur Perusahaan Kontraktor, Kontraktor, Quality control, Peneliti, Supervisor, Developer, Surveyor pemetaan, Pengajar dan Tenaga Ahli dalam Teknik Sipil.

 

TS - MANAJEMEN KONSTRUKSI

Program Manajemen Konstruksi bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten yang mampu mengelola kegiatan proyek konstruksi mulai dari merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan dan mengendalikan, mampu melakukan kontrak konstruksi dan hubungan bisnis serta mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan standar TOEFL. Materi inti perkuliahan antara lain manajemen konstruksi seperti fungsi manajemen proyek, peraturan pembangunan, ijin-ijin pembangunan, lelang, kontrak konstruksi, klaim konstruksi, penghitungan ekskalasi harga, instalasi lapangan, penjadwalan proyek, perencanaan dan pengendalian proyek, metode konstruksi, dan quantity surveying.

Karir Setelah Lulus Kuliah : Konsultan Manajemen Transportasi,  Insinyur Perusahaan Tranportasi, Kontraktor, Quality control, Peneliti, Supervisor, Developer, Surveyor pemetaan, Pengajar dan Tenaga Ahli dalam Teknik Sipil.