// // //// //

Program Sarjana (Strata 1)

Sekolah Tinggi Teknik (STT) Malang Menerapkan Kurikulum Berstandar Internasional dimana Materi Perkuliahannya dititik beratkan 70% pada bidang ICT dan 30% pada Kompetensi Manajerial dengan Pendekatan Analytical Skills yang Menjadikan Sarjana Lulusan STT Malang Memiliki Kompetensi ICT dan Manajerial Berkualitas Global.

1. PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO (TE)

Konsentrasi

TE - TEKNIK INFORMATIKA

Program Studi Teknik Elektro (TE) konsentrasi  Teknik Informatika ditujukan untuk menghasilkan Sarjana Teknik yang memiliki landasan ilmu pengetahuan teknik elektro yang berkonsentrasi pada jaringan komputer serta mempunyai kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi untuk menunjang profesionalisme lulusan serta memiliki jiwa entrepreneurship dan berkepribadian positif. Kompetensi lulusan konsentrasi teknik informatika ini akan mampu menerapkan dan mengembangkan produk teknologi informasi dan membangun sistem informasi berbasis jaringan serta mengelola pusat komputasi. Prospek lulusan prodi berpeluang bekerja diberbagai industri manufaktur dan jasa sebagai manajer TI, administrator jaringan, spesialis hardware & jaringan, web master dan tenaga edukatif

Karir Setelah Lulus Kuliah :

Programer Analyst. System Support, Database Administrator, Network Specialist,  Game Developer, e-business Owner, IT Manager, Dosen Pengajar dan Praktisi yang Beriwirausaha dibidang IT (Technopreneurship).

 

TE - TEKNIK BROADCASTING

Melalui Pendidikan Teknik Broadcasting (Audio Visual) Mahasiswa dapat menggali ilmu lebih banyak lagi tentang penyusunan skenario, penyutradaraan. Shooting, editing dan mengaplikasikan ilmunya langsung melalui Stasiun Televisi milik STT (Edu News TV). Program Teknik Broadcasting akan menyiapkan  sarjana yang menjadi praktisi media elektronik yang handal dan siap bersaing dibidang media penyiaran.

Karir Setelah Lulus Kuliah:

Produser Eksekutif, Pengarah Acara/Sutradara, Kameramen, Team Kreatif dan Manajer Radio dan Televisi, Dosen Pengajar dan Praktisi yang berwirausaha dibidang Broadcasting (Technopreneurship).

 

TE - ELECTRONICA MEDICAL RECORD

Sarjana TE-Rekam Medis Elektronik diharapkan mampu membuat sistem pencatatan  yang komprehensif dan akurat secara elektronik (Electronic Medical Record) mempunyai kemampuan untuk merencanakan, mengolah, mengevaluasi, menilai mutu rekam medik dan informasi kesehatan, serta menelusuri informasi penunjang diagnosis dan menentukan kode penyakit, permasalahan kesehatan serta kode tindakan yang akurat, kemampuan untuk mengelola indeks penyakit, tindakan, kematian dan dokter, guna kepentingan laporan medis dan statistik serta permintaan informasi pasien secara cepat dan terperinci,

Peluang Karir Setelah Lulus

Electronica Medical Record Director, Manajer EDP Rumah Sakit, Staff Ahli bidang Rekam Medis di Rumah Sakit (Klinik perawatan, Poliklinik, Praktek dokter, Pusat dan Departemen Kesehatan) serta Berwirausaha di bidang Electronika Medical Record (Technopreneurship).

 

2. TEKNIK INDUSTRI (TI)

Konsentrasi

TI - DESAIN PRODUK INDUSTRI

Mahasiswa Desain Produk trampil mendesain, berjiwa wirausaha dalam bisnis teknologi, peka akan peluang pasar global. Mahasiswa dibekali berbagai skill untuk melengkapi amunisi personal sebagai bekal terjun dalam dunia profesional dan berwirausaha dalam industri kreatif. Desain Industri Manufaktur meliputi product enginering, product planning, mateial adviser, product development, detail design packaging dan berbagai desain perancangan dan pengembangan produk yang dapat memberi nilai tambah bagi manusia.

Peluang Karir Setelah Lulus Kuliah :

Product Designer, Art Director, Visual Designer, Animator Product Industry, Desainer Grafis, Dosen Pengajar dan Tenaga Ahli dalam Perencanaan Produk Industri. (Technopreneurship).

 

TI – MANAJEMEN BISNIS INDUSTRI

Program ini disiapkan bagi mahasiswa yang ingin menjadi ahli bisnis profesional dengan pengetahuan manajemen bisnis dan teknologi informasi dalam dunia industri global. Mahasiswa mempelajari International Financial Reporting Standart (IFRS) yang menjadi acuan seluruh perusahaan di dunia industri global. Program ini juga membekali mahasiswa dengan teori dan praktik dalam memahami fungsi pasar keuangan, aplikasi komputer dalam bidang keuangan, mengambil keputusan finansial, serta mengakses dan memanfaatkan informasi keuangan. Selain itu program ini juga menekankan keahlian business presentation, corporate finance, Investment Management dan Business Servis Management agar mahasiswanya dapat sukses berkarier didunia bisnis industri global.

Peluang Karir Setelah Lulus Kuliah :

Ahli Manajemen Mutu, Accounting Manager, Financial Manager, Production Manager, Business Consultant, Dosen Pengajar dan Praktisi yang berwirausaha di Bisnis Industri (Technopreneurship).

 

TI – INDUSTRI MEDIA KOMUNIKASI

Program ini menyiapkan mahasiswa untuk menguasai konsep dan teori dalam bidang pengetahuan spesialis dan mendalam dalam pengelolaan industri media komunikasi. Mahasiswa juga dituntut menguasai konsep dan teori tentang jurnalistik dan teknologi informasi serta mampu menerapkan konsep dan teori tersebut dalam mengelola perusahaan media komunikasi yang meliputi jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet. Selain itu mahasiswa program ini dituntut untuk mampu menyusun telaahan (evaluasi) tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam proses penyelenggaraan lembaga dan kegiatan jurnalistik industri media komunikasi.

Peluang Karir Setelah Lulus Kuliah :

Pemimpin Media, Manajer Produksi dan Komunikasi Pemasaran Media, Konsultan Media, Produser Program TV dan Radio, Advertizing Manager, Dosen Pengajar & Praktisi yang beriwirausaha diIndustri Media Komunikasi (Technopreneurship).

 

3. TEKNIK ARSITEKUR (TA)

Konsentrasi

TA – DESAIN INTERIOR

Mahasiswa Program Studi Arsitektur konsentrasi Desain Interior diharapkan  menguasai dasar merancang arsitektur secara komprehensif, mempunyai semangat kewirausahaan, mempunyai kualifikasi internasional, menguasai prinsip arsitektur sadar energi, mempunyai kemampuan dasar mendesain arsitektur (menguasai metoda desain, menguasai standar-standar, menguasai peraturan bangunan, menguasai detailed desain, menguasai bahan bangunan, mampu menghitung RAB). Dalam mempelajari desain interior diperlukan penguasaan sejumlah pengetahuan yang berkait dengan aspek kebutuhan manusia didalam ruang sebagai makhluk individual maupun sosial. Pengetahuan yang dimaksud mencakup : sejarah desain, psikologi, sosiologi, ergonomi, konstruksi bangunan, fisika teknik, metodologi dan estetika.

Peluang Karir Setelah Lulus Kuliah :

Konsultan Interior, Visualizer Dekorator, Pelaksana Interior Program, Konsultan Arsitektur, Insinyur Perusahaan Kontraktor, Dosen Pengajar dan Tenaga Ahli dalam Desain Interior. (Technopreneurship).

 

TA – DIGITAL ARSITEKTUR

Tujuan Program Digital Arsitektur adalah mengajak para arsitek cerdas berpikiran untuk bersama-sama menggali potensi teknologi informasi bagi proses desain arsitektur yang ilmiah, untuk menghasilkan karya bertanggung jawab demi lingkungan hidup yang lebih baik. Keunggulan program ini adalah dirancang dengan basis digital mendorong mahasiswa agar siap bekerja secara mandiri atau dalam tim, efektif dan efisien dengan memanfaatkan internet dan komputer. Mahasiswa program ini disiapkan menghadapi perkembangan teknologi digital dalam arsitektur modern, baik dalam skala nasional maupun internasional yang mempengaruhi permintaan akan ahli arsitektur digital yang handal. Program ini didukung para ahli yang meliputi bidang seni, ilmu bangunan, dan teknologi informasi, sehingga para mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang lengkap mengenai arsitektur digital. 

Peluang Karir Setelah Lulus Kuliah :

Drafter Manager, Interior Designer, Exterior Designer, Architectural Art Director, Architectural Consultant & Kontraktor, Dosen Pengajar dan Berwirausaha di bidang Digital Architecture (Technopreneurship).

 

4. TEKNIK SIPIL (TS) 

TS - TEKNIK TRANPORTASI

Kebutuhan tenaga professional dibidang Transportasi Laut dan Kepelabuhanan dan bidangTransportasi Darat dan Logistik masih kurang, sedangkan Indonesia memiliki potensi laut, kepelabuhanan darat dan logistik sangatlah besar, oleh sebab itu program manajemen transportasi memadukan sistem perkuliahan di kelas dan praktek di industri sehingga lulusannya diharapkan menjadi tenaga yang siap pakai. Program studi Teknik Sipil konsentrasi Manajemen Transportasi bertujuan menyiapkan Sarjana Teknik yang terdidik dan berkualitas dibidang Transportasi yang secara global menguasai IPTEK dibidang Transportasi laut dan Kepelabuhanan, Transportasi Darat dan Logistik, melaksanakan tugas yang sesuai, menerapkan pengetahuan dan ketrampilan, memberikan layanan secara professional serta mengembangkan pengetahuan demi kemajuan IPTEK.

Peluang Karir Setelah Lulus Kuliah : Konsultan Sipil, Insinyur Perusahaan Kontraktor, Kontraktor, Quality control, Peneliti, Supervisor, Developer, Surveyor pemetaan,Dosen Pengajar dan Tenaga Ahli dalam Teknik Sipil.

 

TS – TEKNIK KONSTRUKSI

Pendidikan Teknik Sipil bertujuan mencetak Sarjana Teknik Sipil yang memiliki kompetensi mampu mengembangkan diri sesuai dengan profesinya sebagai perencana, pelaksana, manajer proyek konstruksi, mampu menghadapi situasi serta tantangan baru (adaptive), memiliki kemampuan analisis dan manajerial (problem solving), memiliki etika dan tanggung jawab moral (ethics), serta peka terhadap pemberdayaan potensi lokal/daerah (contextual). Setelah lulus dan mendapatkan gelar sarjana teknik, mahasiswa diharapkan mampu merencanakan kegiatan/proyek, merancang/mendesain bangunan, menganalisis kekuatan bangunan, menghitung anggaran biaya bangunan dan merencanakan kebutuhan bahan konstruksi.

Peluang Karir Setelah Lulus Kuliah : Konsultan Manajemen Transportasi,  Insinyur Perusahaan Tranportasi, Kontraktor, Quality control, Peneliti, Supervisor, Developer, Surveyor pemetaan,Dosen Pengajar dan Tenaga Ahli dalam Teknik Sipil.